Realisasi Investasi Di Jakarta Tertinggi Dalam 5 Tahun

Kondisi dalam negeri suatu negara berpengaruh terhadap aktivitas investasi baik investasi lokal maupun asing. Begitu juga yang terjadi di Indonesia khususnya Jakarta. Saat ini, dikatakan bahwa investasi di Jakarta mencapai angka tertinggi dalam 5 tahun terakhir. Sedangkan secara umum, investasi di Indonesia juga hampir meraih target di kuartal ketiga. Tentu, investasi ini sangat penting bagi perkembangan berbagai bidang di Indonesia dari mulai ekonomi, infrastruktur dan lain sebagainya.

Tertinggi di Jakarta Selama 5 Tahun Terakhir

The Jakarta One-Stop Integrated Service (PTSP) telah mencatat bahwa realisasi investasi di ibukota dari Januari sampai September tahun ini mencapai Rp 74,8 triliun (US $ 5,5 miliar), tertinggi dalam lima tahun terakhir. Angka itu didapat dari investasi dalam negeri (PMDN) dan foreign direct investment (PMA). Menurut data, realisasi PMDN mencapai Rp 32,7 triliun dengan transportasi, gudang, dan telekomunikasi sebagai sektor yang paling menarik. Sementara itu, besaran PMA adalah Rp 42,1 triliun, dengan sektor perumahan, industri dan perkantoran sebagai sektor yang paling menarik.

Dengan angka tersebut, realisasi investasi modal meningkat 76 persen dari laporan serupa yang dirilis pada periode yang sama tahun lalu. Saat itu, realisasi sebesar Rp 42,5 triliun, kata Kepala PTSP Jakarta Edy Junaedi Harahap. “Angka ini menunjukkan bahwa iklim usaha di Jakarta sudah membaik,” kata Edy baru-baru ini. Edy mengatakan investasi tersebut merupakan yang tertinggi sejak 2012. Apalagi, kata dia, ini merupakan pencapaian PTSP karena telah melampaui target kinerja utama (KPI) pada 2017 sebesar Rp 55 triliun.

Walau demikian, investasi yang lebih banyak dibutuhkan untuk membangun Jakarta apalagi masih cukup banyak proyek yang belum teralisasi untuk mengurangi macet, banjir dan berbagai hal lainnya. Banyak harapan yang ditumpuk di atas pundak gubernur baru, Anies Baswedan jika tingkat investasi akan kembali naik di bawah kepemimpinannya dan berbagai sektor di ibu kota akan dibenahi. Bukan tidak mungkin jika tingkat investasi akan kembali naik di bawah ide dan strategi gubernur baru.

Tingkat Investasi di Seluruh Indonesia di Kuartal Ketiga

Tingginya tingkat investasi di Jakarta, tentu berpengaruh terhadap tingginya angka investasi di seluruh Indonesia. Artinya, tingkat investasi di Jakarta yang tinggi turut serta mendorong tingkat investasi di Indonesia yang meningkat. Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mengumumkan pada hari Senin bahwa investasi telah mencapai Rp 513,2 triliun (US $ 37,79 miliar) pada akhir kuartal ketiga, atau 75,6 persen dari target 2017.

Dewan Komisaris yakin target tersebut akan mencapai target tahunan sebesar Rp 678,8 triliun, kata kepala BKPM Thomas Lembong di Jakarta. “Transformasi ekonomi yang diproklamirkan oleh Presiden Joko Widodo tiga tahun lalu telah terbentuk,” kata Thomas kepada wartawan pada sebuah konferensi pers.

Sementara itu, investasi asing mencapai Rp 318,5 triliun atau 62,1 persen dari keseluruhan pencapaian, dengan investasi domestik menyumbang Rp 194,7 triliun – atau 37,9 persen – dari total investasi, tambahnya. Angkat tersebut terbagi menjadi 55,1 persen investasi masih masuk ke Jawa, dan sisanya 44,9 persen didistribusikan ke seluruh wilayah daerah Indonesia.

Deputi direktur monitoring dan realisasi BKPM Azhar Lubis mengatakan bahwa pengolahan energi dan logam tetap merupakan sektor togel sydney yang paling menarik bagi investor. “Singapura, Jepang, China, Amerika Serikat dan Korea Selatan masih merupakan lima negara teratas bagi investor kami sejauh ini,” kata Azhar. Memang, investasi tambang masih menjadi yang tertinggi dibandingkan sektor investasi lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *