Rilis 22 Desember 2017, Film DILAN Siap Bikin Baper Fans

Sudah sejak satu dekade lalu sebetulnya konsep novel diangkat menjadi film ramai-ramai dibuat oleh senias Indonesia. Namun jika kembali memundurkan sejarah, sejatinya film fenomenal G30S/PKI juga berdasarkan buku. Tak heran jika mayoritas film yang diadaptasi dari buku atau novel akan meraih kesuksesan.

 

Sebut saja seperti EIFFEL I’M IN LOVE, JOMBLO, AYAT-AYAT CINTA, LASKAR PELANGI hingga 5CM yang kesemuanya merupakan film blockbuster yang berdasarkan novel. Menyadari jika film adaptasi novel laris manis, Falcon dan Maxima Pictures pun mengambil langkah tepat dengan membeli hak cipta novel cinta remaja, Dilanku 1990 karya Pidi Baiq. Tak butuh waktu lama, film DILAN kabarnya akan rilis akhir tahun ini.

 

Jajaran Cast Sempat Pro-Kontra

 

Menjadi rahasia umum jika sebuah film diangkat dari novel pasti akan membuat fans berat novel kadang tak terima dengan pemilihan pemerannya. Hal itu juga yang dialami film arahan Fajar Bustomi ini. Para pembaca novel tentunya akan punya penggambaran tersendiri akan karakter Dilan, sang ketua geng motor Poker88 yang nakal, cuek, cerdas nan romantis itu. Begitu pula dengan tokoh Milea, kekasih Dilan yang cantik jelita dan sedikit manja.

 

Setelah banyaknya spekulasi dan aksi saling duga-menduga, 17 Juli 2017 lalu film DILAN akhirnya merilis lengkap daftar pemain mereka. Dan karakter Dilan yang bak sosok Rangga tengil itu jatuh kepada member boyband CJR, sang idola generasi Z, Iqbaal Dhiafakhri Ramadhan. Sementara Vanesha Prescilla yang merupakan adik bungsu aktris Sissy Priscillia didapuk untuk menjadi Milea.

 

Pemilihan Iqbaal bahkan sempat membuat banyak fans novelnya kecewa berat. Banyak yang menilai jika aktor-aktor lain jauh lebih cocok menjadi Dilan seperti Adipati Dolken hingga Jefri Nichol, bukannya Iqbaal.Imej Iqbaal sebagai member boyband yang sangat bertolak belakang dengan Dilan si anak motor yang badung dianggap sebagai penyebab utama keengganan banyak fans. Namun Pidi muncul di tengah banyaknya kontroversi itu dan menjelaskan bahwa dia percaya sepenuhnya pada Iqbaal.

 

Selain Iqbaal serta Vanesha, beberapa selebritis muda lain yang dipastikan tampil adalah Gusti Rayhan (Akew), Giulio Parengkuan (Anhar), Yoriko Angeline (Wati), Zulfa Maharani (Rani), Stefhanie Zamora (Susi), Debo Idola Cilik (Nandan) danOmara Esteghal (Piyan). Serta dua aktor tampan Brandon Salim dan Refal Hady yang akan menjadi Beni serta Kang Adi, dua pria yang sama-sama mencintai Milea dan akan bersaing dengan Dilan.

 

Rilis di Tanggal Jadian Dilan-Milea

 

Satu minggu setelah merilis jajaran pemain, DILAN resmi memulai syuting pada 26 Juli kemarin di Bandung. Karena setting cerita adalah Bandung tahun 1990-an, Fajar kepada Bintang menyebutkan jika untuk kebutuhan syuting, teknologi CGI digunakan.

 

“Kita rencananya di Bandung akan kembalikan ke set tahun 1990. Ada beberapa bagian kita bantu dengan CGI baik arsitekturnya, mobilnya juga demikian hingga motornya kita set seperti tahun 1990-an. Enggak semua sih, tapi ada beberapa tempat. Nanti beda novel dan filmnya juga cuma sedikit sekali, cuma kurangin dialog yang bikin lama durasi aja. Pidi sebagai supervisor membantu kita mana yang perlu dan tidak dimasukkan ke scene film DILAN,” ungkap Fajar panjang lebar.

 

Sementara itu untuk tanggal rilisnya, sang penulis sempat membocorkan di Twitter jika DILAN bakal tayang pada 22 Desember 2017. Tanggal yang tepat karena dalam novel, itu adalah tanggal di mana Dilan dan Milea resmi berpacaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *