Angelina Jolie Bantah ‘Kekejaman’ pada Artis Cilik di Sebuah Audisi

Angelina Jolie baru-baru ini dituding melakukan penipuan pada anak-anak Kamboja dalam tese pemeranan film. Namun artis cantik ini menyangkal keras tudingan tersebut. Aktris sekaligus duta khusus PBB ini merekrut anak-anak di Kamboja untuk membintangi sebuah film. Film ini menggambarkan tentang kelompok Khmer Merah yang ada di Kamboja, First They Killed My Father.

Dilansir dari Vanity Fair, Angelina Jolie melakukan sebuah wawancara dengan mereka. dan dalam wawancara tersebut ia menjelaskan tentang film tersebut dan ia juga menjelaskan tentang bagaimana ia menggunakan sebuah permainan yang digunakan untuk casting dengan cara memberikan uang pada anak-anak miskin dan setelah itu merebutnya kembali.

Wawancara ini menyebabkan kemarahan tersendiri dari berbagai pihak. Dan mereka yang beranggapan demikian merasa bahwa Jolie sudah berlaku ‘eksploitatif’. Dan dalam wawancara itu, Jolie menjelaskan bagaimana para sutradara mencari pemain-pemain film itu di daerah-daerah kumuh dan juga dip anti asuhan. Dan secara khusus mencari anaka-anak yang mengalami hidup yang tergolong berat.

‘Dibanjiri Luapan Emosi’

Dalam permainan di casting tersebut, anak-anak yang ikut casting diminta untuk mencuri sejumlah uang dan saat mereka tertangkap, berbohong mengenai alasan mereka mencuri uang tersebut. Jolie mengatakan pada salah satu media, “Srey Moch (yang terpilih untuk memerankan peran utama dalam film itu) adalah satu-satunya anak yang menatap uang itu untuk waktu yang sangat lama.”

“ketika dipaksa mengembalikannya, ia saat itu dibanjiri emosi…waktu ditanya sesudahnya, untuk apakah uang tersebut, ia berkata bahwa kakeknya sudah meninggal dunia dan mereka tak punya cukup uang untuk memakamkannya dengan baik dan layak,” lanjutnya. Jolie, yang mana menyutradarai film Netflix tersebut mengatakan bahwa “orang-orang sudah salah menangkap penjelasannya mengenai proses casting itu.”

“Saya merasa sedih karena latihan adegan improvisasi yang mana menirukan adegan filmnya telah ditulis seolah-olah itu adalah kejadian yang nyata,” ungkap Jolie dalam sebuah pernyataan. Ia juga menambahkan, “Inti dari film ini adalah untuk membawa perhatian kepada kengerian yang mana dihadapi oleh anak-anak dalam peperangan dan untuk membantu melindungi mereka juga. Tudingan bahwa ada uang yang benar-benar direnggut dari seorang anak di dalam sebuah audisi adalah menyedihkan dan itu salah. Saya juga akan sangat marah apabila hal ini terjadi. Setiap tindakan yang diambil untuk memastikan kenyamanan, keamanan, dan juga kesejahteraan anak-anak mulai dari audisi sampai dengan proses produksinya yaitu sampai sekarang.”

Film Debut Pertama Jolie sebagai Sutradara

First They Killed My Father merupakan debut Jolie yang pertama sebagai sutradara untuk raksasa dari streaming Netflix. Dan film ini juga berdasarkan kisah nyata dari seorang yang selamay dari genosida rezim Khmer Merah dan juga dikisahkan langsung dari mata seorang anak. Jolie juga mengatakan bahwa awal tahun ini ia berharap film ini bakan bisa membantu masyarakat Kamboja untuk berbicara lebih terbuka lagi mengenai masa-masa traumatis mereka.

Catatan penuh kontroversi milik Jolie mengenai casting yang menuai banyak kemarahan di antara banyak orang dengan banyaknya pengguna sosial media yang menyebut dirinya sebagai ‘kekerasan emosional dan kejam.’ Bahkan ada yang menuliskan komentar di facebook dengan menulis bahwa Angelina Jolie sudah kelewatan. Ada juga yang menuliskan komentar bahwa Jolie sudah melakukan kekerasan poker88 kepada anak. Namun Jolie sendiri sudah menegaskan bahwa itu hanya acting dan bagian dari casting yang bukanlah kekerasan, semuanya salah paham yang menyedihkan dan keliru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *