Istiqlal Menolak Kegiatan Massa Aksi Bela Ulama 96 Hari Ini, Jumat (9/6)

Pengurus masjid Istiqlal sampai saat ini belum juga memberikan izin terkait rencana adanya aksi bela ulama yang akan diadakan oleh Presidium Alumni 212. Mereka ingin menjadikan masjid itu sebagai titik kumpul dari aksi tersebut. Aksi yang dinamai Aksi Bela Ulama (ABU) 96 itu rencananya akan digelar hari ini, Jumat (9/6). Namun pengurus masjid Istiqlal belum juga memberikan izin kepada mereka. Hal ini disampaikan oleh Protokol Masjid Istiqlal, Abu Hurairah Salam.

Belum Adanya Izin dari Pengurus Masjid Istiqlal

Abu menyampaikan pesan kepada salah satu media di Indonesia, dan dilansir dari CNN Indonesia, “Belum ada izin dari kami. Pada waktu yang sama kami juga ada acara.” Abu juga menambahkan bahwa acara yang diadakan hari ini, Jumat (9/6) sudah dirancang jauh-jauh hari sebelumnya. Rangkaian acara tersebut adalah pesantren kilat, kajian fiqih, kegiatan remaja, siraman rohani. “Program amaliyah Ramadhan banyak sekali dan ini padat sekali. Ditambah lagi ada acara togel singapura baru di tahun ini yaitu program Istiqlal Ramadhan Fair. Itu ambil jalan parkir Katredal, otomatis kan parkirannya akan berkurang,” imbuh Abu.

Abu juga menegaskan bahwa pengurus masjid Istiqlal mendapatkan surat permohonan izin dari Pengurus ABU 96 pada Minggu (4/6) lalu. Lalu mereka membalasnya pada tanggal 6 Juni tepatnya hari Selasa dan menjelaskan bahwa tidak bisa memberikan fasilitas pada peserta aksi itu. Dan sejak pengiriman surat tersebut pengurus belum juga memberi komunikasu dari peserta aksi dalam bentuk apapun. Abu cuma mengetahui aksi ini tetap berjalan di Masjid Istiqlal dari media sosial.

Akan Tetap Melakukan Aksi Walau Tak Ada Izin dari Pengurus Masjid Istiqlal

Salah satu peserta ABU 96, Adi Abdillah, mengatakan bahwa tidak tahu kalau aksi yang akan ia ikuti belum mendapatkan izin dari pengurus masjid. Ia sudah tiba di masjid Istiqlal dari jam 10.00 WIB.

“Kalau tidak dapat izin saya akan tetap melakukan aksi. Mungkin nanti bak ada diskusi untuk keputusan persetujuan,” ungkapnya saat ditemui. Sedangkan peserta lain, Muhammad Nur Hadifi, menyampaikan pendapat yang sama dengan Adi. Ia mengetahui ABU 96 dari tadi malam dari bapaknya Dan segera lah ia datang ke Masjid Istiqlal pagi ini. “Saya akan tetap ikut aksi walaupun belum ada izinnya.”

Suasana Masih Relatif Sepi

Berdasarkan pantauan dari media di Indonesia, saat ini Masjid Istiqlal masih relatif sepi dari peserta aksi ABU 96. Hanya ada ratusan orang yang memasuki masjid dan juga ada puluhan orang yang ada di luar masjid. Pedagang di masjid Istiqlal juga tidak seramai biasanya. Tidak ada pegadang makanan dan kali inu hanya ada pedagang peci dan juga perlengkapan solat.

Meski demikian, saat ini pihak kepolisian sudah berjaga-jaga di Masjid Istiqlal. Hal ini terlihat dari adanya puluhan personel yang tampak berjaga-jaga di sekitaran pintu Al Fattah.

Sebelumnya, Aksi Bela Ulama 96 ini dipimpin oleh Ustadz Ansufri ID Sumbo dan juga Ustadz Hasri Sorimuda Harahap. Dalam posternya, ABU 96 inu akan menitikkan Masjid Istiqlal sebagai titik pusatnya. Tentu saja hal ini membuat sejumlah masyarakat resah karena mungkin akan menimbulkan kemacetan dan kerusuhan, dan apabila akan tetap dilangsungkan, masyarakat setempat berharap aksi bisa berjalan aman dan damai karena malamnya akan ada shalat taraweh. Namun berita mengabarkan bahwa aksi ABU 96 akan tetap berlansung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *